BLOGGER TEMPLATES AND IMVU Layouts »

my glitter

free glitter text and family website at FamilyLobby.com

Senin, 14 Maret 2011

situs ensiklopedia

Kebutuhan informasi tentang berbagai hal membuat situs ensiklopedia Wikipedia tercatat sebagai satu dari 10 situs yang paling banyak dikunjungi pengguna internet di dunia. Sayang, ada sejumlah kelemahan di situs itu.
Salah satunya mereka yang menulis atau merevisi artikel di Wekipidia kerap tidak mencantumkan identitas aslinya. Hal ini tentu saja membuat akurasi artikel di situs tersebut tidak dapat dipercaya 100%. Guna melengkapi kekurangan yang ada di Wikipedia, google sejak tanggal 23 Juli 2008 meluncurkan situs sejenis yang diberi nama “Knol”. Tidak jauh beda dengan Wikipedia, situs yang beralamat di http://knol.google.com. Ini menawarkan beragam informasi yang dapat direvisi siapapun. Hanya saja, di situs baru ini, mereka yang menulis atau mevisi artkel “dirangsang” untuk memberikan identitas aslinya.
Setiap Knol akan memiliki seorang pengarang atau sekelompok pengarang yang akan mencantumkan identitas mereka. Ini adalah informasi mereka, suara mereka, opini mereka”, jelas Cedric Dupont, manajer produk Knol dalam blog resmi google.
Tidak sulit bagi google untuk membuat para penulis artikel rela mencantumkan identitasnya. Salah satu perusahaan raksasa di dunia ini memberikan iming-iming yang diperoleh dari pemasang iklan. Google mensyaratkan para pengirim artikel untuk memberikan identitas melalui kartu kredit atau nomor telepon yang dapat dihubungi.
Untuk menghormati penulis artikel yang asli, google memberikan hak kepada mereka untuk menentukan “memamerkan” dirinya.
Knol sebenarnya sudah ada sejak Desember silam. Namun, saat itu situs tersebut masih terbatas, kini, dengan telah diluncurkannya situs tersebut untuk umum, semua pengguna internet dapat dengan mudah mengaksesnya dengan id google.
Lantaran masih muda, jumlah artikel di Knol masih sedikit jika dibandingkan Wikipedia. Kendati demikian, google optimistis dalam waktu dekat Knol akan menjadi salah satu situs yang ramai pengunjung. Dupont menampik anggapan bahwa Knol sengaja untuk menyaingi Wikipedia. Dia mengklaim Knol untuk melengkapi Wikipedia. (Powered AFP/Imam gem).

0 komentar: